Home Doa Doa Berlindungan dari Fitnah Kaya dan Miskin – Hidayatullah.com

Doa Berlindungan dari Fitnah Kaya dan Miskin – Hidayatullah.com

by ukhuwah.id

Imam Manawy dalam kitabnya Faidhul Qadir menyebutkan bahwa ada keterkaitan kuat antara kekafiran dan kefakiran

Hidayatullah.com | Rasulullah ﷺ mengajarkan umatnya untuk ber-taawudz (memohon lindungan Allah) dari kefakiran dan kemiskinan.Sebab sungguhnya kefakiran bisa membuat seseorang berlaku kufur.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ berdo’a,⁣

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْقِلَّةِ وَالذِّلَّةِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ⁣

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kemiskinan, dan kehinaan. Dan aku berlindung kepada-Mu jangan sampai aku menzalimi atau dizalimi.”  (HR. Ahmad no. 8053, Abu Daud no. 1546)

Diriwayatkan dari Abu Bakar langsung kepada Rasulullah ﷺ “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari kekafiran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari siksa kubur. Sesungguhnya tiada Tuhan selain Engkau.” (HR. Abu Dawud).

Bahkan Imam Manawy dalam kitabnya Faidhul Qadir menyebutkan bahwa ada keterkaitan kuat antara kekafiran dan kefakiran. Sebab kefakiran merupakan satu langkah menuju kekafiran.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسَلِ وَالهَرَمِ، وَالمَأْثَمِ وَالمَغْرَمِ، وَمِنْ فِتْنَةِ القَبْرِ، وَعَذَابِ القَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الغِنَى، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الفَقْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الَمسِيحِ الدَّجَّال

 “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan usia jompo, perbuatan dosa dan hutang, fitnah kubur dan azab kubur, fitnah neraka dan azab neraka, keburukan fitnah kekayaan; aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kemiskinan dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Masih Dajjal.” (Riwayat Bukhari)

Para ulama menjelaskan salah satu doa yang dibaca oleh Rasulullah ﷺ agar terhindar dari fitnah harta yaitu doa di atas.*/Bahrul Ulum, Majalah Suara Hidayatullah

Sumber: www.hidayatullah.com

You may also like

Leave a Comment